Blog - December 22, 2022

Pentingnya Mengganti Oli Motor Matic

Mengendarai sepeda motor matic menyajikan kemudahan kepada kita terlebih ketika sedang mengantri untuk melawati kemacetan, jalan yang sempit, dan ketika ingin menikmati perjalanan menggunakan motor matic memang pas banget. Mengendarai sepeda motor matic membuat kita tak perlu repot untuk memindahkan tuas transmisi saat menajak maupun saat ingin menambah kecepatan tinggal tarik tali gas, langsung bisa jalan dan mengebut di jalanan lurus.

Sebelum melalukan perjalan alangkah baiknya motor matic yang kita miliki dalam kondisi yang prima terlebih lagi penggunaan motor matic rutin kita gunakan, kondisi motor matic yang prima akan membuat kita tetap aman dalam berkendara menyusuri setiap jalan yang kita lalui. Oia sebelum lebih jauh untuk jalan-jalan menggunakan motor matic alangkah baiknya kita juga rutin untuk mengganti oli motor matic agar kita tetap nyaman menggunakan motor matic kesayangan kita.

image create by awalpermata with canva pro

Selain melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala, salah satu hal penting untuk menjaga performa motor matic yang kita miliki agar tetap optimal adalah mengganti oli motor matic secara teratur. Mengingat akan pentingnya penggunaan oli pada mesin motor mewajibkan kita melakukan penggantian oli motor matic secara teratur akan membuat komponen bagian dalam mesin selalu terlindungi, sehingga kinerja komponen mesin tetap bagus dan usia pakainya menjadi lebih panjang. Ayo kita sama-sama bahas dan cari tahu apakah sebenarnya fungsi oli pada motor kita.

Apakah Fungsi Oli Pada Motor

Oli memiliki fungsi utamanya yaitu sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen mesin agar ketika mesin dinyalakan dan digunakan untuk berjalan dengan baik serta bebas gangguan yang menghambat kinerja mesin kendaraan. Selain itu oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi tambahan, yaitu:

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor antara satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan mengakibatkan mesin cepat panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka bagian yang paling saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan pada proses pembakaran di dalam silinder mesin, sehingga panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen bisa didinginkan oleh oli.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Oli mesin dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising yang dihasilka dari benturan piston, batang piston dan poros engkol. Penggunaan oli untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin menjadi lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Oli mesin membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat pada mesin motor, oli mesin akan melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Mengingat akan pentingnya oli pada mesin motor serta memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor matic yang kita miliki. Maka, semakin bagus kualitas oli yang melekat pada mesin motor matic, maka semakin bagus pula performa mesin yang akan dihasilkan.

image create by awalpermata with canva pro

Penggantian oli motor matic wajib rutin dilakukan agar performanya semakin bagus, waktu yang tepat untuk mengganti oli motor matic yang biasa awalpermata lakukan adalah setiap 2 bulan sekali atau ketika sudah mencapai sekitar 2000 Km tergantung pada intensitas penggunaan, jarak tempuh, dan merk motor matic yang kita miliki karena setiap merk motor matic memiliki perbadaan pastinya, untuk pergantian oli motor matic akan dilakukan mana dulu yang tercapai apakah sudah 2 bulan atau 2000 Km.

Ayo kita sama-sama menjaga motor matic kita dengan rutin melakukan pergantian oli motor matic agar performanya tetap maksimal, serta tetap nyaman saat digunakan untuk menemani rutinitas harian yang kita lakukan.

Leave a comments

error: Content is protected !!