Blog - August 16, 2023

Mengembangkan Potensi Bersama Duta Maritim 2023

Mengapa Negara Indonesia disebut sebagai negara maritim, karenaĀ memiliki wilayah dalam bentuk laut dan perairan yang luasnya lebih lebar dari daratan. Adapun sumber daya negara maritim sangat melimpah, seperti energi dan mineral.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi untuk menjadi Poros Maritim Dunia. Poros Maritim Dunia bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengamanan kepentingan dan keamanan maritim, memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia.

Mengenal Apa Itu ASPEKSINDO

Mengingat akan pentingnya Indonesia maka ASPEKSINDO (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia) menggelar Sekolah Duta Maritim Indonesia yang merupakanĀ program andalan dalam rangka menciptakan pemuda pemudi yang sadar akan isi-isu maritim. Terutama menyangkut isu-isu maritim di daerah pesisir dan Kepulauan Indonesia.

sumber gambar website ASPEKSINDO

ASPEKSINDO sendiri merupakan organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri. ASPEKSINDO dibentuk atas dasar hasil kesepakatan yang dideklarasikan oleh para Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) Kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia atau wakil masing-masing Pemerintah Daerah secara konstitusional dan demokratis.

Kegiatan Duta maritim pada tahun 2023 bertema ā€œMaritim terus melaju, Untuk Indonesia Majuā€ mempunyai makna yang sangat membangun untuk masa depan maritim Indonesia. 100 orang yang sudah lolos menjadi finalis Duta Maritim 2023 dari 651 orang pendaftar yang berhasil melalui berbagai tahap seleksi berkas, dan wawancara.

Anggi Fuji Herawati Finalis Sekolah Duta Maritim

Anggi Fuji Herawati 20 tahun asal Sumedang merupakan mahasiswi Gizi Masyarakat IPB University berhasil lolos menjadi finalis Pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023 mewakili Provinsi Jawa barat. Kegiatan tersebut diwadahi oleh Aspeksindo (Asosiasi pemerintah Daerah Kepulauan da Pesisir Seluruh Indonesia) yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-17 Agustus 2023 di Jakarta.

Seorang duta maritim bukan hanya sebuah gelar tanpa peran, Anggi sebagai finalis duta maritim 2023 yang merupakan salah satu dari sekian banyaknya generasi muda di Indonesia ini memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap potensi maritim yang menjadi kekayaan dari negara Indonesia.

Duta Maritim 2023sumber gambar dokumentasi pribadi Anggi Fuji Herawati

Demi menjalankan program yang di usung pada Duta Maritim Indonesia 2023, Anggi Fuji Herawati bekerjasama dan berkolaborasi bersama AwalPermata brand dari PT. AwalPermata Indo Persada yang langsung di bimbing oleh Board Direktur (RAA Group) Bapak Iyan Awaludin, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan menciptkan produk unggulan untuk menjadi solusi mengatasi stunting dengan membuat produk olahan dari ikan yang sejalan dengan misiĀ Duta Maritim Indonesia 2023.

Potensi sumber daya maritim di Indonesia sangat besar dan hal ini menjadi keuntungan yang belum digarap secara optimal, sehingga kesempatan mengembangkan potensi sumber daya maritim sangat besar perlu diimbangi oleh sumber daya manusianya yang berkualitas dan kompeten. Sejalan dengan itu maka kolaborasi inilah yang terbentuk antara lintas generasi yang memiliki cara pandang dan pemahaman yang sejalan akan potensi maritim baik hayati maupun non-hayati.

Selayang Pandang AwalPermata

AwalPermata brand dari PT. AwalPermata Indo Persada merupakan perusahan yang bergerak di bidang Digital Technology, Digital Strategy dan Digital Creative. Dengan pengalaman 10 tahun di dunia digital AwalPermata menjadi pilihan terbaik solusi digital yang membantu untuk meningkatkan digital literasi dan kebutuhan digital baik untuk personal dan corporate. PT. AwalPermata Indo Persada merupakan bagian dari RAA Group yang merupakan Mother Company yang menaungi berbagai entitas usaha baik di bidang digital technology, food and beverage, agriculture dan infrastruktur berkelanjutan.

Leave a comments

error: Content is protected !!