Blog - December 10, 2022

Menebar Manfaat Dengan Senang Berbagi

Zakat merupakan sarana utama dalam pendistribusian asset dan kekayaan ummat. Melalui zakat diharapkan sumber-sumber ekonomi tidak hanya terkonsentrasi pada orang-orang kaya saja, tapi juga terdistribusikan kepada para fakir miskin, sehingga mereka juga ikut merasakan nikmatnya. Dalam Islam, zakat merupakan rukun agama, sedangkan dalam perekonomian, zakat merupakan sarana terpenting dalam distribusi kesejahteraan. Sedangkan Pajak punya konsep tersendiri, ia diatur oleh negara, bukan agama. Aturan – aturan yang ada dipajak bersifat berubah-ubah disesuaikan sepanjang kebutuhan.

Kehadiran lembaga pengelola zakat di Indonesia saat ini, benar-benar berdampak positif bagi para umat muslim. Pasalnya, lembaga tersebut telah memberikan berbagai kemudahan dalam melaksanakan zakat. Bagi umat muslim, kegiatan zakat memberikan berbagai manfaat yang luar biasa baik secara lahir maupun batin.

image create with canva pro

Zakat diyakini bisa membersihkan diri dari berbagai sifat buruk seperti sifat iri hati, dengki, sirik, sombong dan masih banyak lagi. Zakat juga bisa mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim. Sebagai bentuk peran zakat khususnya di Negara Indonesia, di tengah permasalahan ekonomi yang kurang sehat, zakat, infaq dan sadaqah muncul menjadi instrument dalam pembangunan ekonomi dan menjadi prioritas pengentasan kemiskinan umat didesa maupun di kota.

Zakat memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan sistem instrumen fiskal konvensional yang kini telah ada. Sayangnya sistem pengumpulan zakat di Indonesia secara global masih belum berjalan apa yang menjadi harapan umat dan hal ini dapat terlihat dari besarnya potensi dana zakat yang dimiliki oleh bangsa ini yang memiliki potensi Muslim terbesar nomor satu di dunia yang berkisar 207 juta pemeluk Islam. Potensi dari dana zakat Indonesia yang menurut penelitian BAZNAS mencapai 217 triliun, namun pengumpulan zakat di lapangan hanya mencapai 2,8 triliun.

Sebagaimana lumrahnya, Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Islam memiliki potensi yang besar dari segi penerimaan pajak melalui zakat. Mengingat akan besarnya potensi zakat yang begitu besar bertepatan pada hari Rabu 7 Desember 2022 Forum Zakat mengadakan diskusi Ruang Tengah dengan tema ‘Giving with Impact’ di Jakarta.

photo capture by awalpermata edit with canva pro

Forum Zakat (FOZ) adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia. Saat ini FOZ memiliki anggota sebanyak 196 lembaga dari Aceh hingga Papua. Fungsi utama FOZ adalah penguatan kapasitas dan kompetensi pengelola, advokasi, sinergi, serta kolaborasi program-program pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan komunitas masyarakat.

Diskusi Ruang Tengah ini juga akan menjadi pengantar dari pagelaran Indonesia Giving Fest – Zakat Ekspo 2022 yang akan dilaksanakan pada 23 – 25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Festival ini melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat (FOZ) dari 31 provinsi dan setidaknya melibatkan 6.692.000 donatur ini menargetkan sekitar 15.000 pengunjung dalam 3 (tiga) hari perhelatan.

Hal yang terpenting dalam sebuah manajemen zakat ialah membuat dana zakat muzakki sebagai pemberi dan mustahik sebagai penerima menjadi optimal dan proses pengumpulan dana (fundraising) menjadi kegiatan yang sangat penting dalam rangka penghimpunan dana umat Islam dan sumberdaya dana umat Islam lainnya baik individu, kelompok organisasi, perusahaan, maupun pemerintah dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan operasional organisasi sehingga dapat mencapai tujuan secara kelembagaan.

photo capture by awalpermata edit with canva pro

Inilah yang menjadi daya tarik bagi zakat sejak dahulu hingga sekarang dengan tetap mengacu bahwa Islam merupakan agama yang universal dan berlaku untuk semua ruang dan waktu. Islam mengandung ajaran-ajaran yang mengatur hubungan dengan Allah SWT dan mengatur hubungan manusia dengan sesamanya. Salah satu ajaran tersebut adalah Zakat, karena dengan menunaikan zakat dapat ikut membantu dan menolong kaum yang berekonomi lemah serta bisa memberantas kemiskinan.

Ayo kita bersama-sama menebar manfaat dengan senang berbagi melalu zakat yang bisa kita salurkan melalui Lembaga zakat yang terpercaya, agar penyalurannya tepat sasaran kepada yang memang benar-benar membutuhkan dengan niat yang tulus dan ikhlas.

Comments (10)

  1. Topik Irawan

    December 10, 2022

    Dahsyatnya berbagi,selain hati bahagia ada orang yang mendapatkan manfaat karena berbagi

  2. Gita Siwi

    December 12, 2022

    Sejatinya berbagi itu emang bukan hanya manfaat ya tapi juga mendatangkan kebahagiaan. Semoga teman – teman dapat berkah ya Aamiin

  3. Fenni Bungsu

    December 12, 2022

    Berzakat jadi salah satu cara untuk berbagi, saling membantu dan juga membersihkan harta. Maka perlu dengan lembaga yang aman dan tepat

  4. Mechta

    December 12, 2022

    MasyaAllah..berbagi melalui zakat memang banyaaak menebar manfaat ya.. Terima kasih sharingnya lewat tulisan ini, sbg pengingat buat pembaca

  5. Mugniar

    December 12, 2022

    Dengan berzakat, berbagi menjadi menebar manfaat kepada oranglain, sekaligus bagi diri sendiri. In syaa Allah dapat pahala dan kebahagiaan juga.

  6. Helena

    December 13, 2022

    Zakat sebagai kewajiban umat Islam yang mampu memang perlu diedukasi caranya supaya sesuai syariat agama. Aku sendiri ingin belajar fundraising untuk komunitasku. Bakal dibahas juga gak ya di Indonesia Giving Fest – Zakat Ekspo 2022 nanti?

  7. lendyagassi

    December 13, 2022

    Dengan berzakat selain menolong orang lain, sebenernya juga menolong diri sendiri ya… dari keserakahan dan belajar berbagi.
    Dengan banyaknya lembaga zakat, semoga perekonomian bisa seimbang dan kita semua sejahtera.

  8. Emma

    December 13, 2022

    Berzakat menjadi salah satu cara untuk membersihkan harta kita yang tentunya insyaAllah bermanfaat bagi yang memerlukannya. Zakat harus dimasyarakat kan dan memasyarakatkan zakat. Kuy laahh

  9. Era

    December 14, 2022

    Ngomongin tentang berbagi aku jadi inget sama film yang udah agak lama. Tentang kita memberi pada 1 orang dan orang yang kita beri tadi membantu 10 orang lainnya. Jadi bisa jadi rantai kebaikan.

  10. Indri Isharyanti

    December 18, 2022

    Salah satu cara paling mudah untuk menebar kebaikan adalah dengan berzakat, manfaatnya juga banyak ya utk diri sendiri dan juga orang lain.

Leave a comments

error: Content is protected !!