Blog - December 15, 2022

Isra Festival Menjawab Kebutuhan Wisata Halal

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap ibadah haji saat ini telah menyebabkan “ledakan” calon jama’ah haji terlebih kondisi pandemi yang hampir selama 2 tahun lamanya mengakibatkan penumpukan calon jemaah haji semakin meningkat dikarenakan selama pandemi keberangkatan haji di tiadakan. Hal ini menimbulkan penumpukan calon jama’ah haji atau yang disebut waiting list. Waiting list atau daftar tunggu merupakan “antrian” keberangkatan untuk jama’ah calon haji yang ingin melaksanakan ibadah haji ke tanah suci setelah mendapatkan nomor porsi. Dari tahun ke tahun waiting list ini terus mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya waiting list hanya berkisar 1-2 tahun sekarang mencapai rata-rata hampir 27 tahun.

Keadaan seperti ini kemudian membuat sebagian besar masyarakat Indonesia beralih untuk melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu ketimbang melaksanakan ibadah haji yang harus menunggu beberapa tahun lamanya dalam waiting list. Banyaknya permintaan pasar akan kebutuhan untuk melaksanakan perjalanan ibadah ke tanah suci, menyebabkan pesatnya pertumbuhan biro perjalanan umrah dan haji khusus.

Menjawab kebutuhan pasar wisata muslim yang semakin kompetitif, Traya Eksibisi Internasional bersama dengan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) akan menyelengarakan Indonesia  Destinasi & Travel Halal “Isra Festival” yang akan berlangsung pada 23 -25 Desember 2022, di Jakarta Convention Center (JCC).

image capture by awalpermata, edit with canvapro

Seiring dengan pengembangan ekonomi, pertumbuhan penduduk Muslim dan penyebaran agama Islam yang semakin luas, tuntutan dalam wisata religi tidak lagi sekadar mengunjungi pusat-pusat ibadah dan melakukan wisata ibadah. Sebaliknya, umat Muslim semakin menuntut kegiatan-kegiatan wisata yang tidak melanggar syariat Islam, termasuk di dalamnya kebutuhan-kebutuhan akan produk dan kegiatan yang halal.

Pertumbuhan yang sangat siginifikan pada jumlah penduduk Muslim ini turut mempengaruhi permintaan akan layanan pariwisata, di mana mereka telah memperluas konsep wisata dengan memasukkan pariwisata halal. Tingginya permintaan tersebut sehingga banyak pelaku usaha di industri pariwisata mulai menyediakan produk dan layanan yang khusus memberikan fasilitas yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Kriteria tempat wisata dikatakan halal adalah seperti menyediakan tempat ibadah (mushola atau masjid) di lokasi wisata, tempat makan atau hotel yang bersertifikasi halal (menyediakan makanan halal, pegawai yang berpakaian sesuai syariat Islam, serta tidak menyebarkan informasi berbau pornografi atau seksual di dalam hotel), dan lainnya.

Mengingat akan pentingnya wisata halal dan tingginya permintaan ini maka di event Isra Festival ini menghadirkan sebanyak  109 stand menempati area seluas 3000 m2 di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC), yang diikuti perusahaan travel haji dan umrah, hotel atau akomodasi halal, wisata muslim, transportasi, halal food, aksesoris travel, aplikasi travel halal, produk keuangan syariah, industri pendukung (FMCG, Kuliner, Herbal/obat-obtan, kosmetik, fashion dan sebagainya), komunitas, pemerintah daerah/kota, kedutaan negara sekitar tujuan negara muslim.

Dalam event Isra Festival 2022, Bank BSI (Bank Syariah Indonesia) menberikan program yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung yaitu program pembiayaan Mitraguna Berkah untuk tujuan pelaksanaan ibadah umrah melalui travel rekanan BSI dengan pemberian special gift berupa oleh-oleh umrah. Promo Hasanah Card dengan Cicilan 0% 12 bulan dan potongan  harga sebesar Rp 1.500.000,-dengan BSI Debit. Dan bagi pengujung yang  membuka rekening online di lokasi pameran akan mendapatkan cash back sebesar 25 ribu, dengan mengetik kode promo Isra

Untuk kenyamanan masyarakat berwisata halal dan religi, Zurich Syariah dalam pameran Isra Festival juga menawarkan sejumlah produk asuransi perjalanan berbasis syariah dengan akad Wakalah Bil Ujrah dan Tabarru’ untuk mengelola risiko dan kontribusi nasabah dengan tujuan kebajikan dan tolong-menolong antar nasabah.

Ayo kita sama-sama meriahkan dan kunjungi Isra Festival yang akan berlangsung pada 23 – 25 Desember 2022, di Jakarta Convention Center (JCC). Selama pameran berlangsung akan digelar  berbagai acara menarik seperti travel community, talk show tentang umrah, dan konsultasi prinsip halal pada industri kuliner (halal restaurant), lomba fotografi, dan business tips and tricks.

Leave a comments

error: Content is protected !!