Blog - July 28, 2022

#AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya

Halo, selamat pagi semuanya, semoga di setiap pagi selalu ceria dan tetap semangat untuk menjalankan setiap aktivitas dan rutinitas yang selalu kita jalani. Pada kesempatan kali ini AwalPermata akan sedikit megulas tentang #AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya berdasarkan pengalaman pribadi dari AwalPermata.

Ketika kita pergi ke bank baik itu untuk melakukan pembukaan rekening maupun untuk mengganti kartu atm yang kita miliki karena rusak maupun hilang, setiap costumer service akan menawarkan pilihan kartu jenis baru yaitu GPN  dan setelah itu baru menawarkan kartu jenis Mastercard maupun Visa. Termasuk ketika kita melakukan pembukaan rekening secara online akan ada pilihan kartu atm berjenis GPN yang dapat kita pilih untuk menjadi pilihan kartu atm yang akan kita gunakan.

Jadi di kesempatan kali ini di #AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya kita akan membedah lebih dalam bersama agar kita tidak bingung ataupun bimbang saat akan mentukan jenis kartu atm apa yang akan kita gunakan, yuk kita bahas bersama di #AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya

Apa Itu GPN ?

GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Menurut Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem standar, switching, dan services yang dibangun dengan seperangkat mekanisme dan aturan yang bertujuan mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

GPN adalah sistem yang diinisiasi oleh Bank Indonesia untuk membentuk jaringan antar bank dengan paduan kanal transaksi perbankan dan sistem pembayaran sehingga saling terhubung dan terintegrasi. Gerbang Pembayaran Nasional telah disahkan pada 4 Desember 2017 di Jakarta dan diresmikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

GPN sebagai kanal pembayaran nasional yang resmi dan dapat memproses seluruh kartu ATM dari bank yang terdaftar di Indonesia. Segala transaksi melalui GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) akan diproses di dalam negeri, sehingga informasi-informasi terkait dengan transaksi tersebut akan aman dari berbagai risiko peretasan.

Dalam rangka mendukung kesuksesan Gerbang Pembayaran Nasional, terdapat tiga lembaga yang berperan serta dalam pengelolaan Gerbang Pembayaran Nasional adalah sebagai berikut:

  • Lembaga Standar : Dijalankan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang bertugas menyusun dan mengelola indikator serta standar aktivitas Gerbang Pembayaran Nasional.
  • Lembaga Switching : Ditangani oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik (ATM Bersama), PT Rintis Sejahtera (ATM PRIMA), PT Jalin Pembayaran Nusantara (ATM Link), dan PT Alto Network (ATM ALTO); untuk memastikan penyelenggaraan switching dalam Gerbang Pembayaran Nasional.
  • Lembaga Services : Diselenggarakan oleh PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN) dengan fungsi pelayanan berbagai kebutuhan operasional industri.

Manfaat Menggunakan Kartu GPN ?

Keberadaan GPN dan Kartu GPN membawa banyak dampak positif dalam bidang pembayaran dan keuangan. Bagi pengguna seperti AwalPermata merasakan beberapa keuntungan dari GPN dan Kartu GPN seperti berikut ini.

  • Transaksi Lebih Mudah dan Bisa Dilakukan di Banyak Tempat

Teknologi GPN membuat semua kanal pembayaran saling terhubung dan ditampung dalam satu sistem. Sehingga bagi pengguna seperti AwalPermata, keuntungan GPN adalah transaksi lebih mudah dan bisa dilakukan di banyak tempat. Kita bisa bertransaksi baik ATM atau mesin EDC yang ada di seluruh Indonesia.

  • Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Pengguna tidak perlu merasa khawatir akan kegagalan, penggandaan, atau masalah transaksi lainnya, karena kartu GPN mengandung fitur keamanan yang telah distandarisasi. Kartu GPN adalah kartu transaksi yang dilengkapi teknologi chip guna untuk menyimpan informasi terkait pemiliknya. Chip akan bekerja setelah kita memasukkan kode PIN 6 digit. Bila PIN tersebut tidak dimasukkan maka kita tidak bisa melakukan transaksi.

  • Biaya Administrasi Kartu GPN Lebih Rendah

Keuntungan berikutnya dari penggunaan Kartu GPN adalah biaya administrasi yang lebih rendah. Penggunaan Kartu GPN membebankan biaya admin yang lebih murah sebab semua kanal pembayaran telah terhubung sehingga biaya yang diperlukan lebih kecil. Pastinya hal ini membuat kita semakin hemat dalam bertransaksi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu GPN ?

Setelah kita mengetahui benefit dari #AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya untuk kita yang menginginkan Kartu GPN kita bisa langsung menuju bank dimana kita melakukan pembukaan rekening, langsung menuju costumer service kemudian utarakan maksud dan tujuan kita untuk upgrade kartu atm yang kita gunakan menjadi Kartu GPN, bisa juga ketika kita membuka rekening baru di bank yang kita tuju, ketika ditawarkan jenis kartu yang diinginkan langsung saja pilih Kartu GPN karena banyak manfaatnya untuk kita gunakan.

Ayo segera gunakan Kartu GPN untuk transaksi yang kita lakukan karena #AWPTalk Kartu GPN Beserta Manfaatnya banyak manfaatnya dari Kartu GPN. Sampai jumpa di #AWPTalk berikutnya yaa…

Leave a comments

error: Content is protected !!