Blog - June 2, 2024

4 Tips Membangun Rooftop Bangunan Kantor Secara Efektif

Bagian atap sebuah bangunan sebenarnya bisa dimanfaatkan secara optimal. Area ini biasa disebut sebagai rooftop dan punya banyak fungsi. Khususnya di sebuah bangunan kantor, area atap ini punya banyak peran penting.

Tentunya pembuatan area atap pada sebuah bangunan kantor harus diperhitungkan dengan sebaik mungkin. Proses pembuatannya juga tidak bisa asal-asalan apalagi area ini terbuka. Jika tidak diperhitungkan dengan baik maka bisa berpengaruh ke bagian bangunan di bawahnya.

Fungsi Rooftop di Bangunan Kantor

Sebelum membahas tentang tips membangun area atap yang tepat di sebuah bangunan kantor, mari cari tahu dulu apa sebenarnya fungsi area ini. Berikut adalah beberapa fungsi area atap pada bangunan kantor.

  • Tempat Bersantai

Biasanya bagian atap ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai orang-orang yang bekerja di kantor tersebut. Tempat ini memang cukup menyenangkan untuk dijadikan spot bersantai. Berlokasi di bagian teratas dari sebuah bangunan, Anda bisa menikmati udara segar di sana.

Area santai seperti ini sangatlah penting untuk disediakan di sebuah kantor. Karyawan bisa lebih produktif bekerja jika mereka punya waktu sejenak untuk beristirahat. Area atap ini bisa jadi spot yang tepat untuk menyegarkan pikiran agar bisa lebih produktif saat kembali bekerja.

  • Garden Rooftop

Bagian atap juga bisa dimanfaatkan sebagai kebun. Saat ini ada banyak kantor yang memanfaatkan area atap mereka untuk menanam beragam jenis tanaman hijau. Area hijau ini jelas akan memberi banyak manfaat, tidak hanya bagi kantor namun juga lingkungan di sekitarnya.

Konsep kebun atap ini sangat cocok diterapkan terutama di kantor-kantor yang berada di kota besar. Biasanya kota-kota besar kekurangan lahan untuk area hijau sehingga solusinya bisa dibuat kebun di bagian atap bangunan.

  • Gudang

Area atap sebuah kantor juga bisa dimanfaatkan sebagai gudang. Tentunya gudang ini merupakan ruangan yang sangat penting di sebuah kantor. Tempat ini dimanfaatkan untuk menyimpan beragam jenis benda dan sebaiknya tidak mengganggu estetika bangunan kantor itu sendiri.

Itulah mengapa membuat gudang di area atap bisa jadi solusi yang tepat. Selain luas gudang bisa cukup besar, hal ini juga tidak akan merusak estetika kantor tersebut.

Membangun Rooftop Pexels

Tips Membangun Rooftop Kantor yang Nyaman dan Aman

Tentunya pembuatan area atap di bangunan kantor harus dilakukan dengan cara yang tepat. Tidak hanya mempertimbangkan kenyamanan namun juga harus memastikan area tersebut benar-benar aman. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat area atap kantor yang nyaman dan aman.

  • Pastikan Luas Area Memadai

Pertama-tama, pastikan dulu luas area yang akan digunakan cukup memadai. Tinggal disesuaikan saja dengan tujuan pemakaian area atap tersebut. Dalam hal ini Anda bisa berkonsultasi dengan pihak konstruksi yang akan membuat area atap.

Jika bangunan kantor Anda cukup luas, maka area atap ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya sebagian dipakai untuk tempat bersantai dan sebagian lagi digunakan untuk area hijau atau gudang.

  • Buat Desain yang Efektif

Selanjutnya Anda perlu membuat desain yang efektif dan tentu saja cukup estetik dipandang mata. Tentukan dulu tujuan pembuatan rooftop ini terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa menyesuaikan desainnya.

Misalnya area atap ini ingin digunakan sebagai tempat santai untuk para karyawan. Anda bisa mencoba membuatdesain area atap yang nyaman lengkap dengan tempat duduk dan area hijau yang bisa menambah estetika.

  • Pilih Material yang Berkualitas

Pastikan semua material yang akan dipakai untuk membuat area atap ini berkualitas. Kualitas material sangatlah penting untuk memastikan keamanan di bangunan tersebut. Jika material yang digunakan tidak bagus maka hasil akhirnya nanti juga pasti kurang optimal.

Pemakaian material yang berkualitas tinggi ini biasanya memang membutuhkan dana besar. Sangat disarankan untuk membuat perhitungan dana yang matang dan menyediakan sumber dana secara efektif. Pastikan tidak memaksa untuk memakai material yang kualitasnya buruk demi memotong anggaran.

  • Lakukan Waterproofing untuk Cegah Kebocoran

Pembuatan area atap harus melibatkan pelapisan kedap air. Ini merupakan proses pelapisan agar area atap tidak mudah bocor.

Bagian atap ini nantinya akan terkena air karena berada di lingkungan luar dan berkontak langsung dengan air ketika hujan. Bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada pelapisan bahan waterproof.

Apabila bagian atap selalu rembes air dan bocor, maka kondisi di bagian bawahnya akan terpengaruh. Bangunan kantor bisa rusak dan tidak bertahan lama akibat kebocoran tersebut.

Jadi pastikan untuk memilih material waterproof yang benar-benar berkualitas tinggi. Proses pelapisan ini akan membuat area atap jadi jauh lebih aman dan tentu saja nyaman untuk digunakan. Selain itu prosesnya pun harus tepat sehingga hasil akhirnya lebih optimal.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat dimengerti bahwa fungsi atap yakni sebagai tempat bersantai, hingga menjadi kebun dan gudang. Mengenai tips pembangunannya sendiri, Anda bisa memastikan luas area, desain, material berkualitas, hingga melapisinya dengan pelapis kedap air.

Demi memastikan area atap tidak bocor, produk pelapis kedap air SikalasticĀ®-110 adalah pilihan yang tepat untuk digunakan. Produk ini menggunakan modifikasi polyurethane berbasis air dengan elastisitas tinggi.

Proses pengaplikasian produk ini juga sangat mudah bisa menggunakan roller, kuas, atau semprotan. Selain ituĀ  produk ini juga memiliki elastisitas tinggi dan sangat baik menjembatani retak pada atap bangunan.

Selain itu, produk ini berformula non-toksik. Waterproofing coating ini juga sudah teruji eco-friendly dan rendah VOC. Ia juga sangat cocok untuk digunakan di area atap atau outdoor dengan adhesi optimal pada beton. Menariknya lagi, SikalasticĀ®-110 bisa diaplikasikan langsung pada permukaan lembap.

Tidak perlu ragu pada produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Selain itu, Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan telah menangani beragam proyek global. Salah satunya yakni proyek Museum Grand Mesir.

Bagi Anda yang saat ini ingin membangun rooftop di bangunan kantor, cobalah untuk menggunakan SikalasticĀ®-110. Produk ini bisa secara efektif melindungi atap bangunan kantor Anda untuk jangka waktu lama. Informasi lebih lengkap tentang produk pelapis kedap air Sika, klik di sini!

Leave a comments

error: Content is protected !!