Blog - December 15, 2023

3 Hal Ini Menjadikan Gibran Rakabuming Sosok Pemimpin Rendah Hati

Mengapa kita harus memiliki sikap rendah hati? Karena kerendahan hati merupakan salah satu nilai dari kepemimpinan yang penting tapi kurang dibahas dan sering diremehkan.

Orang yang memiliki sifat rendah hati sudah tentu akan bersikap lebih bijaksana. Hal seperti inilah yang biasanya dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Contoh sifat rendah hatiĀ menjadi seorang pemimpin adalah dengan mudah memaafkan kesalahan, bersedia mengakui pekerjaan orang lain, dan dapat memotivasi rekan kerja untuk berbagi ide dan bekerja lebih giat.

Menumbuhkan kerendahan hati sebagai seorang pemimpin membutuhkan pengetahuan. Seperti kapan perlu meminta bantuan, menggunakan bahasa inklusif ketika berbicara seputar pekerjaan dan pencapaian, serta memberikan penghargaan kepada orang lain.

Rendah Hati Dibutuhkan Sebagai Pemimpin

Nyatanya, rendah hati merupakan salah satu sikap yang paling dibutuhkan dalam hidup terutama saat menjalani kehidupan sosial.

Namun supaya kita memiliki sikap rendah hati, dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi terlebih dahulu. Namun yang harus diingat, kerendahan hati bukan berarti kita kurang percaya diri. Mengapa kita harus memiliki perilaku rendah hati?

Terkadang dengan sikap rendah hati yang dimiliki seorang pemimpin sering disalahpahami. Pemimpin yang tidak mengambil kredit secara penuh dan bersedia untuk berbagi dengan anggota tim justru menunjukkan rasa percaya diri.

Jika seorang pemimpin meminta bantuan, atau mudah memaafkan kesalahan bukan berarti terlihat lemah atau tidak memiliki ketegasan. Melainkan orang yang rendah hati selalu bersedia untuk mengesampingkan ego.

Hal tersebut membutuhkan kekuatan yang besar. Seperti perbuatan mengakui kesalahan membutuhkan kita untuk mengesampingkan ego yang dimiliki.

Bagi beberapa orang, kepemimpinan yang hebat memiliki kualitas yang mengagumkan. Seperti kecerdasan, berkarisma, mampu berinovasi, dan kemauan untuk melakukan kerja keras dalam menyelesaikan sesuatu.

Namun ada sifat kepemimpinan lain yang perlu dan wajib dimiliki oleh para pemimpin sukses, dan itu adalah kerendahan hati. Salah satu contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari, yaitu belajar.

DenganĀ belajar, kita membutuhkan kerendahan hati karena pada proses tersebut kita membutuhkan informasi atau masukan dari berbagai sumber. Keuntungan sikap rendah hati adalah kita dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan yang jadi jauh lebih baik.

3 Hal Ini Menjadikan Gibran Rakabuming Sosok Pemimpin Rendah Hati

Salah satu pemimpin yang memiliki sikap rendah hati adalah Gibran Rakabuming yang kerap dipuji oleh warganet karena dinilai memiliki sikap yang rendah hati. Berikut beberapa alasan mengapa Gibran Rakabuming disebut sebagai pemimpin rendah hati.

  1. Diatas Langit Masih Ada Langit

    Dengan menjadi seorang pemimpin, bukan berarti kita pantas untuk menyombongkan hal tersebut. Karena masih banyak orang hebat lainnya yang ada selain kita, namun mereka tidak tinggi hati. Arti tinggi hati adalah sombong atau angkuh. Sehingga kita harus perlu selalu mengingat, bahwa masih banyak orang hebat lainnya yang ada di atas kita.
  2. Hidup Terus Berputar

    Istilah roda selalu berputar berlaku untuk hal ini. Tidak ada selamanya orang yang berada di atas, dan tidak ada orang selamanya berada di bawah. Semua yang ada di dunia ini adalah titipan, dan bersifat sementara. Contoh rendah hati dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan, adalah mau mengakui kesalahan dan bersikap tidak sombong jika merupakan seorang pemimpin.Karena tidak selamanya kita menjadi seorang pemimpin, sehingga Ā perlu memiliki sikap rendah hati agar selalu ingat. bahwa roda akan selalu berputar.
  3. Fleksibilitas dan Keterbukaan

    Sebagai pemimpin yang rendah hati, Gibran Rakabuming dapat menjadi lebih fleksibel karena bersedia mendengarkan ide baru dan sudut pandang yang berlawanan. Kesediaannya untuk mencoba metode atau hal baru akan menjadikan Gibran Rakabuming orang yang semakin terbuka.

Hal ini adalah alasan menjadikan Gibran Rakabuming sosok pemimpin rendah hati. Jika kita tidak ingin mendengarkan sudut pandang orang lain, atau merasa bahwa cara yang kita gunakan sudah tepat merupakan contoh sikap rendah diri yang patut dihindari. Ayo bersama-sama tanamkan sikap rendah hati dalam diri kita.

Leave a comments

error: Content is protected !!