Blog - August 29, 2022

Data Tetap Aman Dengan Cloudmatika Cyber Security

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kita harus tetap waspada akan pentingnya data pribadi yang kita miliki, karena privasi akan data pribadi itu sangat penting dan bersifat rahasia hanya kita yang mengetahuinya.

Privasi memang menjadi perhatian banyak orang ketika menggunakan platform digital. Begitu pula kekhawatiran akan bocornya data pribadi. Kasus kebocoran data bukan hal yang baru terjadi. Berbagai platform seperti marketplace, financial technology, dan berbagai aplikasi lain tak lepas dari ancaman tersebut.

Berkembangnya teknologi smartphone dan peningkatan aktivitas internet turut menyumbang peningkatan varian data digital. Foto, video, text, IP address, cookie pada browser hingga GPS coordinate merupakan jenis data digital. Jadi, apakah kamu pernah memberikan satu atau bahkan lebih data diatas tadi secara cuma-cuma kepada satu pihak? Hayo ngaku, jadi ketahuan deh

image from canva premium

Semakin tinggi ketergantungan masyarakat terhadap teknologi digital, semakin sulit untuk melindungi data pribadi. Sebagian dari kita sepertinya masih tidak menyadari bahwa secuil informasi yang bersifat sangat pribadi yang dibagikan di media sosial maupun di platform lainnya dapat berdampak pada kerugian besar di kemudian hari.

Padahal informasi seperti identitas diri kita yang tercantum pada KTP, SIM, bahkan tanggal lahir, dan lokasi rumah kita bisa menjadi sangat membahayakan. Pelaku peretasan dapat menggali informasi lain dari data-data tersebut untuk penyalahgunaan data yang kita miliki.

Setiap data yang diperoleh pelaku kejahatan dapat menimbulkan kerugian besar bagi kita. Sejumlah kejahatan yang memanfaatkan data pribadi dilakukan melalui skema phising, penipuan, pemerasan, hingga doxing. Memproteksi data pribadi menjadi sebuah keharusan bila kita ingin terhindar dari aksi kejahatan digital.

image from canva premium

Keamanan data merupakan hal yang masih jarang dibahas di Indonesia. Padahal, ketika internet mulai masuk, seharusnya pengetahuan akan keamanan data sudah mulai digaungkan. Tetapi, faktanya justru tidak demikian. Akibatnya, sudah banyak kasus penyalahgunaan data atau informasi yang jumlahnya bahkan sulit untuk dideteksi.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang keamanan data sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting keberadaannya. Hal itu karena semakin canggih teknologi yang dipakai, semakin banyak pula data maupun informasi yang diperlukan untuk mengakses suatu platform. Jadi, bukan sekadar system yang canggih saja akan tetapi wajib didukung oleh perkembangan teknologi website, sekarang macam-macam data sangat bervariasi. Begitu juga cara untuk mengumpulkan data, sangat beragam.

Ada 3 alasan kenapa keamanan data sangat penting. Yang pertama adalah mencegah potensi kerugian material. Yang kedua adalah mengurangi resiko penyalahgunaan data maupun informasi. Yang terakhir adalah memperkecil peluang tindakan kriminal.

Memproteksi keamanan data baik di laptop maupun ponsel dapat dilakukan menggunakan antivirus, antispyware, dan anti ransomware. Jika kita ingin melakukan proteksi data yang lebih aman dan canggih kita bisa menggunakan layanan proteksi data dari Cloudmatika Cyber Protection.

image from https://www.cloudmatika.co.id/

Cloudmatika Cyber Protection adalah solusi Cyber Security & Backup yang dapat diintegrasikan dengan sistem yang kita miliki, sehingga dapat meningkatkan perlindungan data kita dari serangan di dunia maya.

Mengingat akan pentingnya data, alangkah baiknya kita harus selalu berhati-hati dengan hal yang paling sederhana seperti membiasakan diri untuk mengganti password secara berkala dan berbeda di setiap aplikasi. Hal ini untuk mengurangi peluang pelaku meretas aplikasi lain.

Kemudian, aktifkan verifikasi atau otentikasi dua langkah sebagai perlindungan ganda pada aplikasi, seperti dompet digital, mobile banking, e-commerce, dan chat. Langkah selanjutnya, usahakan untuk mengurangi penggunaan WiFi gratis di tempat publik ketika berselancar di dunia maya. Terutama, jika ingin mengakses layanan keuangan di mobile banking atau internet banking.

Hal paling mendasar dan utama adalah jangan pernah memberikan data pribadi kita kepada oknum yang tidak dikenal. Seperti nomor telepon, alamat, kode otentikasi, PIN, dan password.

Ayo kita sama-sama jaga data pribadi kita dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan jika ingin data lebih aman lagi mari kita gunakan layanan proteksi data dari Cloudmatika Cyber Protection.

Comments (19)

  1. Gita Siwi

    September 21, 2022

    Duh ya ditengah berita yg ramai tentang pencebolan data oleh hackers, ada Cloudmatika Cyber Pritection. Nice info kak jadi perhatian kita semua juga ya tentang data pribadi diri

  2. Farida Pane

    September 21, 2022

    Agak sulit sih untuk ga berbagi data apa pun ke internet. Lebih amannya pakai jasa proteksi data ini aja kali, ya

  3. yayat

    September 22, 2022

    ganti password berkala tuh amannya per berapa bulan yaaaa… tantangan buat saya nih soalnya saya lupaan, trus gak bisa nyatet juga karena bahaya

  4. makarame

    September 23, 2022

    Hacker sekarang makin marak. Dulu websiteku juga sempat dihack. Tapi alhamdulilah kebantu sama teknisi hostingnya. Jadi bisa balik lagi. Semoga ga lagi lagi deh berhubungan dengan hacker apapun itu bentuknya.

  5. Tanti Amelia

    September 23, 2022

    Saking seringnya pencurian data – sampai penipuan, saat ini kudu digalakkan kembali pengamanan dengan cyber security dan cyber police

  6. Kuliner Asyik

    September 25, 2022

    Nah ini keamanan data penting banget yg lagi viral krn adanya hacker. Bahaya kalo data penting rahasia bocor kemana²

  7. Myra (Keke Naima)

    September 26, 2022

    Iya masih banyak juga yang belum sadar tentang pentingnya menjaga data pribadi. Padahal kejahatan digital mulai marak. Harus dipertimbangkan ada proteksi seperti ini

  8. Efa Butar butar

    September 26, 2022

    Pasti kebantu banget ya dengan cloudmatika cyber security ini. Bener, jaga data sekarang ini sama pentingnya kayak jaga dompet fisik. Dipegang erat-erat biar ngga ada yang nargetin. Hihih

  9. Sugianto

    September 26, 2022

    Cloudmatika Cyber Security, informasi baru bagi saya nih, Kak. Sepertinya perlu mencari informasi lebih detail lagi nih sehubungan dengan Cloudmatika. Makasih, Kak jadi tau ada Cloudmatika Cyber Security

  10. Gita Siwi

    September 26, 2022

    Ijin tambahin komen lagi ya kak, 3 poin alasan kenapa keamanan data sangat penting semoga jadi perhatian kita semua nih

  11. Mugniar

    September 26, 2022

    Berarti Cloudmatika Cyber Protection ini bisa dipergunakan pada berbagai jenis gadget dan berbagai jenis komputer ya, Kak? Pemakaian pribadi pun bisa ya?

  12. unggulcenter

    September 26, 2022

    Ini jasa layanan atau aplikasi yang bisa didownload ya kak. Menarik, dan kayaknya made in Indonesia nih.

  13. Dian

    September 26, 2022

    Wah iya, penting banget melindungi data pribadi ya kak
    Agar kita tidak menjadi korban kejahatan Cyber yang makin marak inu

  14. Fenni Bungsu

    September 27, 2022

    Makin meluasnya teknologi digital, maka kebutuhan perlindungan privasi data juga harus ditingkatkan agar pengguna nyaman

  15. Selvi

    September 27, 2022

    Yang sulit kalau password mesti beda² tiap aplikasi, jadi mudah lupa, apalagi rutin ganti. Emang bener sekarang ini butuh perlindungan data kayak yang satu ini

  16. Susindra

    September 27, 2022

    Keamanan data memang jadi isu yang penting, apalagi saat ini sedang rame. Pas banget momennya, Cloudmatika Cyber Security datang, menawarkan diri melindungi keamanan data.

  17. lendyagassi

    September 27, 2022

    Orang-orang ini cerdas dan pinter-pinter banget sih..
    Jadi yang gaptek kudu banyak update informasi mengenai menyimpan data yang aman karena masalah keamanan data terlebih yang berkaitan dengan bisnis, pasti sangat krusial.

  18. lendyagassi

    October 3, 2022

    Saat ini dimana banyaknya kejahatan siber, Kita kudu senantiasa waspada dan percayakan pada Cyber Security and backupdata dari Cloudmatika Cyber Protection.

  19. Siti nurjanah

    October 4, 2022

    Priteksi akan keamanan data itu penting banget, selain menjaga privacy dan mencegah penyalahgunaan juga melindungi segala data finansial

Leave a comments

error: Content is protected !!